Senin, 20 April 2015

Penyebaran Pohon Jati



Pohon jati tumbuh di hutan-hutan gugur, yang menggugurkan daun pada musim kemarau.
Banyak pakar Botani mengemukakan bahwasanya jati adalah spesies asli di Burma, yang lantas menyebar ke Semenanjung India, Muangthai, Filipina, serta Jawa. Beberapa pakar Botani lain berasumsi jati yaitu spesies asli di Burma, India, Muangthai, serta Laos.
Lebih kurang 70% keperluan jati dunia pada waktu ini dipasok oleh burma. Tetapi, pasokan dunia dari hutan pohon jati alami hanya satu datang dari burma. Yang lain datang dari hasil hutan tanaman jati.
Pohon Jati sangat banyak tersebar di asia. Tak hanya di keempat negara asal jati serta indonesia, jati mulai tahun 1680 di srilangka telah dikembangkan sebagai hutan tanaman, tiongkok (permulaan abad ke-19), bangladesh (1871), vietnam (awal abad ke-20), serta malaysia (1909).



Iklim yang pas yaitu yang mempunyai musim kering yang nyata, tetapi tidak terlampau panjang, dengan curah hujan pada 1200-3000 mm pertahun serta dengan intensitas sinar yang cukup tinggi sepanjang tahunnya. Tegakan jati kerap tampak layaknya hutan sejenis, yakni hutan yang seakan-akan cuma terdiri dari satu type pohon.

Tidak demikianlah dengan jati. Pohon jati terhitung spesies pionir yang tahan kebakaran dikarenakan kulit kayunya tidak tipis. Lagipula, buah jati memiliki kulit tidak tipis serta tempurung yang keras. Rusaknya tempurung biji jati justru meringankan tunas jati untuk keluar pada waktu musim hujan tiba.

Guguran daun lebar serta rerantingan jati yang menutupi tanah melapuk dengan lambat, hingga menyusahkan tumbuhan lain berkembang. Guguran itu juga menjadi bahan bakar yang bisa menyebabkan kebakaran – yang bisa dilewati oleh jati namun tidak oleh banyak type pohon lain. Demikian, kebakaran hutan yang tidak terlampau besar justru menyebabkan sistem pemurnian tegakan jati : biji jati terdorong untuk berkecambah, pada waktu beberapa jenis pohon lain mati.

Jati tidak tahan tergenang air.

Yang silam. Tetapi pengujian variasi isozyme yang dikerjakan oleh kertadikara (1994) tunjukkan bahwa jati di jawa sudah berevolusi sejak beberapa puluh sampai beberapa ratus ribu tahun yang lalu.


Di wilayah afrika tropis, wilayah amerika tengah,wilayah australia,wilayah selandia baru,wilayah pasifik serta Taiwan

0 komentar:

Posting Komentar